13 Produk Pembersih yang Dibuat Sendiri Di Rumah

pembersih rumah

Sebenarnya semua pembersih di bawah ini sudah banyak tersedia bahkan di toko-toko kecil. Mungkin Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membuatnya. Namun satu hal yang pasti, menggunakan hasil dari karya sendiri pasti akan terasa berbeda. Sama halnya seperti membuat kue sendiri, pasti rasanya akan lebih enak, bukan? Disamping itu, secara tidak langsung Anda juga berupaya untuk menghemat keuangan, alias lebih irit.

Demi menambah pengalaman, mari kita belajar untuk membuatnya. Siapa tahu suatu saat nanti, itu akan berguna untuk Anda. Berikut ini jenis-jenis pembersihan yang bisa Anda buat sendiri di rumah:

1. Pembersih kaca

Bahan yang digunakan adalah:
2 gelas air
1/2 cangkir cuka
1/4 cangkir alkohol (konsentrasi 70%)
1-2 tetes minyak esensial (Anda bisa menggunakan aroma favorit)

Caranya:
Campur bahan dan simpan dalam botol semprot. Semprotkan pada kain lembut (handuk, lap atau kertas) terlebih dahulu, baru kemudian di atas kaca. Jangan pernah membersihkan jendela pada cuaca sedang panas, karena ketika cuaca panas, ini akan cepat mengering dan juga akan meninggalkan banyak goresan.

2. Pembersih Noda Membandel pada permukaan yang keras

Bahan yang digunakan adalah:
Setengah buah lemon
1/2 cawan borak

Caranya:
Iris lemon lalu campurkan dengan boraks dan gosok permukaan yang terdapat noda keras, seperti wastafel, bak mandi, dan lain sebagainya, kemudian bilas. (Tidak aman untuk digunakan pada marmer atau granit.)

3. Grease atau minyak bersih

Bahan yang digunakan adalah:
1/2 cangkir campuran sudsy amonia dengan air yang cukup untuk mengisi wadah satu galon. (Ammonia Sudsy, yang memiliki deterjen di dalam, membantu menghilangkan kotoran yang membandel.)

Caranya:
Celupkan spons atau lap ke dalam larutan dan bersihkan permukaan, lalu bilas area dengan air bersih.

4. Pembersih multi guna

Bahan yang digunakan adalah:
4 sendok soda kue
1 liter air hangat kuku

Caranya:
Campur kedua bahan sampai rata, kemudian tuangkan ke dalam semprotan. Semprotkan terlebih dahulu pada spons bersih, dan mulailah untuk membersihkan area yang kotor atau pada alat-alat rumah tangga, seperti peralatan dapur atau kulkas, dll. Lalu bilas dengan air.

5. Penghilang noda membandel pada baju atau kain

Bahan yang digunakan adalah:
1/2 cangkir boraks
4 cangkir air panas atau lebih
1 cangkir bubuk deterjen
1 cangkir cairan pemutih klorin (tidak ultra atau terkonsentrasi)

Caranya:
Campur bahan dan tuangkan ke dalam mangkuk stainless steel, plastik, atau enamel (bukan aluminium). Rendam pakaian Anda selama 15 hingga 20 menit. Jika ada kotoran yang membandel atau susah hilang, biarkan ia menyerap detergen lebih lama, lalu bilas cucian seperti biasa.

6. Pencuci piring

Bahan yang digunakan adalah:
1/4 cangkir bubuk lemon atau bubuk jeruk
2 sendok detergen
1 cangkir garam
2 cangkir baking soda
2 cangkir borax
1 cangkir lemi-shine

Caranya:
Campur semua bahan dalam satu wadah secara bersamaan. Pindahkan ke wadah penyimpanan yang kencang dan tertutup rapat. Cairan ini mampu bertahan lama.

7. Pembersih tembaga

Bahan yang digunakan adalah:
Cuka putih atau jus lemon
Garam

Caranya:
Taburi dengan cuka atau jus lemon, lalu taburi dengan garam. Sapu di permukaan yang dibutuhkan. Bilas dengan air, lalu segera keringkan dengan kain lembut yang bersih.

8. Pencuci marmer

Bahan yang digunakan adalah:
1 atau 2 tetes pencuci piring cair (bukan berbahan jeruk)
2 cangkir air panas

Caranya:
Campurkan kedua bahan, kemudian gunakan spons untuk mengelap permukaan marmer dan bilas untuk menghilangkan efek sabun apa pun. Untuk mengeringkannya, gosok dengan kain lembut; jangan biarkan marmer kering karena udara.

Perhatian: Jangan gunakan cuka, lemon, atau pembersih asam lainnya pada marmer atau permukaan ini, karena akan masuk ke batu dan mengikis marmer, sehingga akan merusak kualitas marmer.

9. Pelembut kain atau pakaian

Bahan yang digunakan adalah:
5 1/2 gelas air
15 oz botol kondisioner rambut
2,5 cangkir cuka putih
20 tetes minyak esensial untuk pewangi

Caranya:
Campurkan semua bahan dan aduk sampai rata. Cukup gunakan sekitar 1/4 cangkir saja per-cuci normal sebelum siklus bilas. Untuk sisanya, Anda dapat menaruhnya pada botol bersih.

10. Penyegar udara

Bahan yang digunakan adalah:
12-15 tetes minyak esensial murni dengan aroma favorit Anda
1/2 cangkir cuka putih
1 1/2 gelas air

Caranya:
Campurkan dalam botol semprot semua bahan, kemudian kocok dan semprotkan pada setiap ruangan yang Anda inginkan. Anda dapat bereksperimen dengan rasio cuka yang lebih tinggi untuk air dan meningkatkan minyak esensial, jika ini tidak cukup kuat untuk preferensi Anda.
Peringatan: harus selalu dikocok sebelum digunakan.

11. Pembersih untuk oven

Bahan yang digunakan adalah:
1/2 cangkir baking soda
2-3 sdm air atau secukupnya
1/2 cuka putih atau lebih

Caranya:
Siapkan wadah, lalu campurkan 1/2 cangkir baking soda dan aduk 2-3 sendok makan air (sesuaikan dengan kebutuhan untuk mendapatkan adonan seperti pasta yang bisa disebarkan). Sebarkan pasta ini pada dinding oven, gosok ke bagian dalam seperti scrubbing dan biarkan sampai semalaman.

Di pagi harinya, masukkan beberapa tetes cuka pada botol semprot, kemudian semprotkan di mana pun Anda melihat baking soda. Tindakan tersebut akan dapat menciptakan busa. Setelah itu lap bersih menggunakan lap basah dan bilas sampai benar-benar bersih.

12. Sabun cair

Bahan yang digunakan adalah:
1/2 cangkir air suling hangat
2 sdt garam
1/2 cangkir cuka putih
1/2 gelas pengental
1 sdt jus lemon
Minyak esensial lemon (opsional)

Caranya:
Campurkan air suling dengan garam, kemudian aduk sampai garam larut. Kemudian siapkan wadah lagi, untuk mencampur cuka, pengental, dan jus lemon. Kemudian campurkan keduanya serta tambahkan 10-15 tetes minyak esensial lemon untuk aroma dan untuk khasiat disinfektan. Aduk sampai rata dan mengental.

13. Lap disinfektan alami

Bahan yang digunakan adalah:
1 gelas air
1/4 cuka
8 tetes minyak pohon teh
8 tetes minyak esensial eukaliptus
8 tetes esensial lemon
kosongkan wadah atau lap
15-20 kotak kain (t-shirt bekas, handuk bekas atau bahan lain yang dapat bekerja dengan baik)

Caranya:
Lipat dan tempatkan kotak kain ke wadah lap kosong dan sisihkan. Kemudian campurkan air, cuka, dan 3 minyak esensial, aduk sampai rata. Setelah itu, tuangkan campuran ini ke atas kain di wadah tempat Anda akan rendam dan bersiaplah untuk menggunakannya. Cara kerjanya sama seperti tisu basah, tapi Anda bisa menggunakannya beberapa kali.

Perhatian: Jangan sekali-kali menggabungkan pembersih berbasis amonia dengan produk pemutih klorin atau pemutih, seperti mesin pencuci piring. Ini karena asap yang mereka hasilkan sangat berbahaya. Sebelum membuat campuran apa pun, baca label pada produk terlebih dahulu.

Leave a Reply