Cara Mengatasi Panas Demam di Tempat Kerja

panas demam

Demam itu sendiri disebabkan oleh infeksi, seperti flu, pneumonia, keracunan makanan, dan infeksi saluran pencernaan. Demam juga bisa disebabkan kondisi lainnya dari penyakit yang menyebabkan peradangan, misalnya rheumatoid arthritis, reaksi obat atau vaksin, dan bahkan jenis kanker tertentu.

Apakah Anda tahu jika demam adalah gejala, bukan penyakit. Sebenarnya saat demam, berarti tubuh kita sedang mengatasi suatu masalah yang terjadi di dalam tubuh. Sering kali, demam menjadi tanda seseorang menderita penyakit tertentu dan merupakan alat pemberitahu bagi diri sendiri.

Meski demam adalah sebuah tanda yang baik untuk mengetahui kondisi kesehatan tertentu, tapi jangan sampai suhunya meningkat terlalu tinggi. Suhu tubuh orang normal adalah 36-37 derajat Celcius. Bila kita terkena demam dan suhunya mencapai 38 derajat Celcius atau lebih, namun belum tentu ini merupakan tanda-tanda penyakit yang serius.

Walaupun demam tidak termasuk penyakit yang berat, namun itu mampu membuat kita menjadi tidak karuan. Saat kita terserang demam, mungkin tidur dan beristirahat di rumah menjadi pilihan yang terbaik. Tapi bagaimana jika keadaan mengharuskan kita untuk tetap beraktivitas seperti biasanya termasuk bekerja. Dengan terpaksa kita harus berjuang dengan demam tersebut, walaupun tidak mudah.

Untuk itu, ketahuilah beberapa tips yang akan membuat Anda tetap bekerja selagi demam menyerang. Berikut tipsnya:

Hal Pertama yang Harus Dilakukan

Pertama yang harus Anda lakukan adalah sarapan, setelah itu ambil parasetamol untuk mengurangi sakit kepala Anda.

Saat di Tempat Kerja

Anda harus menyediakan sebotol air, dan pastikan agar Anda menghabiskannya pada menjelang tengah hari. Isi ulang botol kemudian habiskan sampai Anda selesai bekerja. Hal ini dilakukan bertujuan untuk melancarkan proses penyingkiran toksin melalui urin.

Saat Jam 10 Pagi

Tukar menu kopi Anda dengan secangkir air panas yang bisa Anda tambahkan dengan madu dan lemon. Karena lemon dan madu dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar karena dapat meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya itu, madu dan lemon juga berfungsi sebagai alat detox karena madu memiliki fungsi antibakteri.

Caranya, ambil gelas berisi air hangat, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan setengah irisan lemon. Jangan dibarengi minum kopi dan teh. Resep ini dikutip dari The Health Site. Atau, Anda bisa mengikuti resep Andra Alodita yang mengonsumsi madu dan lemon tanpa dicampur dengan air hangat, tetapi meminum air hangat setelahnya.

Saat Jam Makan Siang

Setelah selesai makan siang, ambil obat penahan sakit untuk menghindarkan Anda dari rasa sakit kepala.

Saat Sore

Hindari untuk minum kopi terlalu sering atau seperti biasanya (kurangi), cukup 1 cangkir dalam satu hari.

Pulang Ke Rumah (Selesai Bekerja)

Mungkin setelah selesai bekerja, Anda biasanya berjalan-jalan santai hanya untuk melepas tekanan akibat bekerja atau sambil membeli sesuatu. Namun, ketika Anda sedang dalam keadaan demam maka Anda harus menghentikan sementara kebiasaan itu. Akan sangat membantu jika Anda segera pulang dan mandi dengan air hangat, minum obat demam (sakit kepala), dan dapatkan tidur yang cukup. Dengan begitu di harapkan Anda akan pulih dengan segera.

Segera Hubungi Dokter bila Demam Semakin Tinggi

Walaupun demam merupakan penyakit yang biasa, namun tetap saja itu akan dapat membahayakan penderitanya jika dibiarkan begitu saja, atau tanpa penanganan yang tepat. Hingga menyebabkan demam tinggi. Jika demam Anda mencapai 40 derajat Celcius atau lebih, artinya Anda harus segera menghubungi dokter. Apalagi jika demam tinggi tersebut dibarengi beberapa gejala berikut:

  • Kejang-kejang
  • Kehilangan kesadaran
  • Kebingungan
  • Leher kaku
  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri parah di seluruh tubuh
  • Bengkak atau radang di banyak bagian tubuh
  • Sakit saat buang air kecil atau urine baunya tidak enak

Minuman Herbal yang Dapat Menangkal Demam

minuman herbal

Pada cuaca ekstrim ketika musim panas atau musim hujan selama ini, memang identik dengan banyaknya penyakit yang mudah menyerang kita. Mulai dari batuk, pilek, flu hingga demam. Meski begitu, kita tetap harus selalu menjaga kesehatan dan bisa menghindar dari risiko penyakit-penyakit tersebut.

Untuk itu, kita senantiasa bisa menjaga keseimbangan suhu tubuh agar terhindar dari flu dan juga demam. Selain menjaga kebersihan tubuh, tempat tinggal dan lingkungan, konsumsi makanan bergizi dan memiliki olahraga serta minum air putih cukup, menangkal flu dan juga demam juga bisa dilakukan dengan minum minuman herbal berikut ini.

Kunyit Asam

Sejak zaman nenek moyang, kunyit asam dipercaya sebagai salah satu minuman penghangat tubuh untuk mencegah flu yang disertai demam. Lebih menarik lagi, kunyit asam baik untuk kesehatan pencernaan, melancarkan haid dan meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman ini juga sebagai salah satu nutrisi diet sehat. Tambahkan gula merah atau batu untuk dapatkan rasa yang manis.

Jahe Madu

Jahe dan madu memiliki rasa serta aroma yang khas. Keduanya juga mengandung nutrisi juga antioksidan yang sangat baik buat kesehatan tubuh, mencegah flu, mengatasi demam, mengobati pilek dan juga batuk. Jahe madu bahkan dipercaya sebagai salah satu nutrisi diet sehat yang penting dikonsumsi sehari-hari.

Ramuan Kayu Manis

Kayu manis mengandung antioksidan, nutrisi dan vitamin yang tidak hanya dapat mencegah flu dan juga demam tetapi juga mengobatinya. Rasanya yang manis juga sangat cocok disantap sebagai minuman hangat di sore atau malam hari tanpa takut membuat gemuk.

Lemon Tea

Nutrisi yang terkandung di dalam teh juga lemon sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin dan zat antioksidan di kedua bahan minuman ini bisa menangkal flu beserta demam dengan baik. Lemon tea sebaiknya dikonsumsi selagi masih hangat. Untuk dapatkan rasa yang lebih manis, kita bisa menambahkan kayu manis atau madu di dalamnya.

Itulah beberapa minuman sehat yang dapat menangkal flu dan juga demam. Semoga informasi ini bermanfaat. Meski telah konsumsi minuman di atas, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih, sayur-sayuran dan buah, dan juga berolahraga. Jika tubuh Anda dalam keadaan fit, sudah pasti flu atau demam akan menjauh dari Anda. Terimakasih!

Leave a Reply