10 Cara Membersihkan Setrika Gosong dan Berkerak

setrika gosong dan berkerak

Ada kalanya kita melakukan kesalahan dalam melakukan sebuah pekerjaan. Walaupun pekerjaan tersebut dianggap mudah untuk dilakukan. Seperti “menyetrika”, misalnya! Pekerjaan rumah yang satu ini memanglah dianggap mudah untuk dilakukan. Namun, bisa saja kita membuat pakaian bolong dan setrika pun menjadi gosong. Entah karena kita tidak fokus atau faktor lain yang menjadi alasannya. Ketika hal itu terjadi, lalu apakah yang akan Anda lakukan selanjutnya? Apakah Anda akan terus atau akan memakainya kembali?

Jika itu yang Anda lakukan maka siap-siap saja pakaian Anda yang lainnya akan ikut rusak. Karena setrika yang berkerak (bekas gosong) akan berpotensi merusak pakaian. Ini karena lapisan dapat mempengaruhi panas besi. Terkadang panasnya juga tidak akan merata atau tidak kuat lagi. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara atau tips yang bisa menjadi solusi terbaik. Inilah cara sederhana menghilangkan kerak (bekas gosong) pada setrika.

1. Menggunakan Garam

Bahan yang paling nyaman untuk membersihkan besi tua adalah menggunakan garam. Caranya pun sangat mudah. Pertama, taburkan garam pada koran atau aluminium foil dan panaskan setrika dengan suhu maksimum. Setelah itu, gosok permukaan besi di atasnya sampai menghilangkan semua efek hangus. Cara ini cukup efektif!

2. Menggunakan Lilin

Menggunakan lilin juga menjadi cara yang cukup ampuh untuk membebaskan kerak yang melekat akibat pernah gosong pada setrika. Caranya, nyalakan setrika dengan panas maksimal, bila sudah cukup panas gosokan atau oleskan lilin sampai lilin menjadi meleleh. Setelah itu, lap permukaan setrika yang terkena lilin pada kain yang telah disiapkan. Lakukan berulang – ulang hingga kotoran pada setrika menjadi bersih dan tidak lengket lagi.

3. Menggunakan Daun Pisang

Jika di rumah ada banyak daun pisang, Anda bisa menggunakan teknik ini. karena daun pisang mengandung minyak alami yang dapat membantu melepaskan kerak dan gosong pada permukaan setrika. Caranya atur setrika pada suhu rendah sampai sedang dan gosok-gosokkan kepermukaan daun pisang maka lapisan kerak akan lepas dengan sendirinya.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Metode selanjutnya ini tidak perlu memanaskan setrika. Cukup dengan langsung oleskan saja. Gunakan pasta gigi dan gosokkan pada bagian yang memiliki efek scorch. Diamkan beberapa saat lalu gosok dengan kain. Kotoran akan menjadi mudah terlepas. Ulangi beberapa kali sampai benar-benar bersih.

5. Soda Bikarbonat / Baking Soda

Cara selanjutnya yaitu menggunakan baking soda atau soda bikarbonat yang biasa kita gunakan untuk membuat kue. Soda bikarbonat dikenal sebagai zat pembersih yang efektif. Campur sedikit air pada bubuk soda kue sampai menjadi pasta. Kemudian gosokkan pada permukaan besi yang hangus atau hitam. Biarkan sejenak untuk bereaksi. Kemudian, ambil lap dan gosok dengan lembut. Semua efek kehitaman yang terjebak pasti akan menghilang.

6. Kertas Pasir atau Amplas

Cara lain yang mudah, bisa menggunakan amplas. Amplas bisa Anda gunakan ketika kotoran sudah sangat membandel sekali dan berkerak. Pilihlah jenis amplas yang paling halus teksturnya. Gosokkan dengan lembut pada bagian kotoran yang berkerak dan sulit dihilangkan.

Anda boleh melakukan penggosokan berkali – kali namun tetaplah hati – hati. Cara ini adalah cara paling instan untuk membersihkan bagian yang paling kotor dan juga cepat (tidak memakan waktu yang begitu lama).

7. Magis Sponge

Jika Anda selalu berbelanja di toko perabotan, Anda harus sadar bahwa ada penjualan spons ajaib . Ini berguna karena dapat membersihkan segala macam efek kotoran termasuk efek arang pada setrika. Cara membersihkan setrika untuk spons ini mudah. Sebarkan spons terlebih dahulu, lalu gosokkan sisi dengan efek kehitaman. Memang memerlukan sedikit waktu , tetapi hasilnya sangat memuaskan.

8. Cuka

Untuk membersihkan bagian yang gosong selanjutnya, Anda dapat juga menggunakan cuka masak. Agar lebih efektif Anda bisa mencampurnya dengan backing powder. Caranya, oleskan pada permukaan yang gosong atau berkerak, dan diamkan beberapa saat lalu lap dengan air bersih sampai kerak dan gosong mengelupas dari permukaan setrika.

9. Menggunakan Kain Basah

Bila kotoran pada lapisan setrika tidak terlalu bandel, cukup menggunakan kain basah saja. Cuci bersih kain, lalu peras hingga sedikit lembab dan jangan terlalu kering. Lap bagian lapisan bawahnya sampai bersih.

Lakukan ini ketika setrika dalam keadaan dingin. Lakukan pembersihan ini dengan telaten seperti halnya cara menjaga kebersihan rumah. Sehingga tak hanya rumah yang nampak bersih, barang – barang pun termasuk setrika juga bersih.

10. Memakai Produk Komersial

Di pasaran, ada sejumlah produk yang khusus dijual untuk membersihkan kerak gosong pada setrika, misalnya Faultless Hot Iron Cleaner.

Menjadi Bersih & Halus Seperti Baru, Bukan?

Caranya pun cukup mudah dilakukan. Tapi Anda harus ingat! Agar kesalahan itu tidak terulang lagi atau untuk memastikan bahwa setrika Anda tidak gosong lagi, Anda wajib mempelajari cara menyetrika yang benar serta cari tahu cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu karena biasanya setiap jenis bahan pakaian perlu disetrika dengan suhu yang tepat. Ada yang membutuhkan suhu rendah, suhu sedang dan ada yang membutuhkan suhu tinggi.

Selain itu perhatikan juga cara menyetrika agar tidak mengkilap karena jika dibiarkan setrika bisa menjadi gosong dan pakaian menjadi rusak. Setiap jenis bahan pakaian ada triknya sendiri. Misalnya cara menyetrika bahan linen tentunya berbeda dengan cara menyetrika kain sutra. Pastikan Anda selalu berhati-hati dalam melakukan segala hal. Agar hasilnya juga baik nantinya.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan ketika Membersihkan Setrika Gosong

membersihkan setrika pakaian

Mungkin masih ada banyak orang yang melakukan kesalahan ketika membersihkan setrika gosong. Beberapa hal berikut sering sekali dilakukan yang sama sekali tidak menyelesaikan masalah tapi justru menambah masalah baru dan menjadi salah satu penyebab kerusakan setrika yang seharusnya bisa dihindari. Apa sajakah itu??

  • Menggosok bagian yang gosong terlalu kuat atau keras sehingga lapisan anti lengket pada besi setrika terkelupas. Jika sudah terkelupas maka setrika tidak akan bisa digunakan lagi karena akan membuat proses menyetrika menjadi susah dan lengket.
  • Ketika setrika gosong, tidak langsung dicabut dari arus listrik sehingga setrika menjadi tambah gosong dan ini merupakan salah satu jenis kerusakan setrika listrik yang sering sekali terjadi selain kabel setrika terbakar.
  • Menggunakan alat yang tajam ketika membersihkan permukaan setrikaan. Alat-alat tajam seperti pisau memang efektif untuk membersihkan kerak tapi kemudian justru dapat menggores lapisan anti lengket pada permukaan setrikaan.

Penyebab Setrika Menjadi Lengket

Setrika yang lengket bagian bawahnya disebabkan oleh beberapa hal seperti:

1. Karena jarang dibersihkan

Sebenarnya setrika juga sama seperti peralatan rumah tangga lainnya, setrika juga butuh dibersihkan secara rutin. Karena setrika yang sudah lama tidak dibersihkan akan mengandung kotoran di bagian bawah lapisannya. Jika setrika yang kotor ini terus digunakan akan menyebabkan lengket, kadang juga pakaian malah menjadi kusut. Bahkan bila parah, pakaian Anda bisa menjadi gosong. Untuk mencegah hal tersebut, bersihkanlah setrika dengan cara yang tepat dan juga rutin.

2. Sering menggunakan setrika untuk menyetrika sablon yang berbahan rubber (karet)

Karena bahannya itulah yang menyebabkan sisa sablonnya menggumpal melapisi bagian bawah setrika.

3. Karena menggunakan spray pewangi yang terlalu berlebihan untuk menyetrika

Karena setrika yang menyerap lembab dari cairan spray, menyebabkan kotoran pada lapisan setrika menebal dan inilah menyebabkan bawah setrika menjadi lengket.

Semoga saja beberapa informasi di atas akan bermanfaat untuk Anda. Beberapa cara atau tips di atas juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan peralatan rumah besi lainnya. Selamat mencoba..!!!

Leave a Reply